Industry 4.0 with Real World Applications oleh Donny Susanto Witono (Genesys) 2 Juni 2020

03 jun 2020

 

Menghadapi masa COVID-19 banyak perusahaan atau industri yang harus berjuang keras untuk bisa bertahan hidup. Kata kunci dari strategi bertahan ini adalah INOVASI. Dalam konteks inilah Industry 4.0 mampu memberikan kesempatan bagi industri, untuk tidak sekedar bertahan, namun untuk bisa makin berjaya melewati masa COVID-19 ini. Beberapa solusi Industry 4.0 yang mampu memungkinkan hal ini adalah dalam hal efisiens operasional (operational efficiency), re-alokasi tenaga kerja (workforce re-allocation), produksi pintar (smart production), dan data yang terintegrasi (integrated data).

Selalu ada tantangan dan risiko dalam setiap penerapan Industry 4.0, termasuk investasi yang perlu dilakukan (dana, pelatihan, dll). Namun dengan penerapan strategi yang tepat maka perusahaan atau industri akan mampu melakukan transformasi ke arah ekosistem digital yang komprehensif. Di tengah pandemi COVID-19 ini beberapa perusahaan besar di Amerika Serikat telah mampu mentransformasikan fasilitas dan kapasitas produksinya secara cepat dan masif untuk meresponi kebutuhan masyarakat akan berbagai peralatan dan perlengkapan kesehatan (respirator, masker, dll).

Situasi bekerja dari rumah atau work from home (WFH) juga telah menjadi tren tersendiri. Tren ini ditandai dengan berbagai karakteristik, antara lain: 1) makin adanya budaya & pemahaman akan WFH (culture & awareness) yang sebelum masa COVID-19 mungkin tidak pernah terpikirkan; 2) kolaborasi yang fleksibel antara berbagai pemangku kepentingan; 3) lingkungan kerja virtual; 4) jejaring yang makin penting perannya; dan 5) makin pentingnya isu keamanan data.

Sebagai contoh nyata di lapangan nara sumber menayangkan video terkait penerapan teknologi RFID (Radio Frequency Identification) yang mampu mengoptimasi suatu proses produksi. Contoh lain yang diberikan adalah terkait Serialization Project  yang merupakan implementasi dari Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Nomor 33 Tahun 2018 tentang Penerapan 2D Barcode dalam Pengawasan Obat dan Makanan. Serialization Project ini merupakan contoh yang nyata terjadinya konvergensi berbagai teknologi dan data dalam membangun suatu ekosistem yang terintegrasi dan berdampak luas terhadap masyarakat.

Webinar ini merupakan bagian dari seri Kuliah Umum di Program Studi Magister Teknik Industri (MTI) Universitas Kristen (UK) Petra.


Close